• Ninebot E motor listrik
    Ninebot E motor listrik

Perancang Segway Apex motor listrik sport

Akhir Desember 2019, Segway membuat kejutan dengan peluncuran produk skuter listrik, dan motor listrik ukuran kecil

Dirancang untuk pengunaan dalam kota, dari kecepatan rendah yang dapat dikendarai tanpa ijin mengemudi. Dan model motor listrik biasa yang lebih cepat.

Satu kemunculan menarik dari Segway Apex. Motor listrik tersebut dirancang untuk eBike Sport atau motor sport listrik dengan kecepatan maksimum 200km perjam.

Setelah semua berita berlalu, ada yang menarik tentang rancangan Segway Apex ini. Keputusan Segway di tahun 2019 bersama perusahaan induk Ninebot menginginkan produk yang mengairahkan pasar kendaraan listrik. Lalu dimulai membuat kendaraan listrik roda dua.

Tetapi membuat tipe kendaraan motor sport tidak ada yang memiliki pengalaman dari kedua perusahaan. Segway memutuskan mencari disainer dan namanya belum terlalu dikenal. Seorang disainer dengan inisial JC
JC diberi tugas mendisain konsep motor listrik Segway. Dibangun di atas sasis motor Ice yang sudah ada, dan mengubah menjadi visi Segway.

JC Perancang Segway Apex

Awal rancangan tidak semudah yang dibayangkan kata JC. Ada gesekan antara perancang dengan permintaan Segway. Segway ingin disain revolusioner agar mampu memukai seperti apa yang dibuat produsen lain bahkan produk yang mungkin belum pernah di lihat orang.

JC khawatir bahwa disain motor futuristik akan mengasingkan produk dari komunitas motor yang sudah ada. Dan JC lebih mengutamakan disain motor sport dan lebih eye-catching sehingga dihargai audiens yang besar. Tim Segway akhirnya mempercayai dengan pendekatan yang baik bahkan dunia internet juga menerima.

JC memiliki 20 tahun pengalaman dalam disain produk dan merancang produk dengan CAD 3D. Khusus rancangan Segway Apex dia kembali mengunakan teknik konvensional. Saya kira dsain yang baik dapat menarik secara universal. Dengan membuat rancangan awal dengan tanah liat dalam ukuran penuh. Tetapi tidak berhenti disana saja.

JC merancang disain motor yang bersih, dan minimalis. Panel sisi motor dibuat berukuran besar, garis karakter utama dari lipatan permukaan geometris untuk memberi kesan kekuatan. Disain lampu dibuat dengan terselip di bodi motor.

Disain pusat gravitasi bergerak lebih jauh ke depan, menciptakan efek gerakan. Tetapi disain motor pengerak dan baterai terlihat ditonjolkan dengan terbuka di kedua sisi bodi motor. JC cukup membuat satu rancangan skala penuh motor Segway Apex. Lalu masuk ke rancangan mesin modeling 3D. Dan memindahkan disain yang sudah ada ke komputer dan struktur dapat disempurkan lebih lanjut.

Penyelesaian produk jadi dari komponen diserakan ke bagian suku cadang atau fabrikasi untuk membuat prototipe produk jadi. JC mengatakan membutuhkan waktu 7 bulan dan sisanya sejarah. Sampai Segway Apex dapat berlari kencang di jalan.

.